Skripsi Gratis Jurnal Online STMIK AKBA STMIK AKBA YouTube LinkedIn Facebook Twitter Google+ RSS Desain Login

Rabu, 27 Juni 2012

Perancangan Perangkat Lunak Aplikasi Sistem Peringatan Dini Bahaya Kebakaran Melalui Short Message Servis (SMS) Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0

Peringatan dini (early warning) adalah suatu tanda yang memberitahukan kepada manusia bahwa akan terjadi sesuatu. Dengan demikian manusia dapat mengambil keputusan langkah-langkah selanjutnya dalam menanggapi kejadian yang akan datang. Peringatan dini memiliki berbagai macam bentuk sesuai dengan kejadiannya. Peringatan dini tentang bahaya kebakaran dengan merancang sistem yang mampu mendeteksi tanda-tanda kebakaran pada sebuah ruangan dan kemudian memberitahukan kepada pemilik rumah atau bangunan melalui pesan singkat SMS bahwa telah terdeteksi tanda-tanda kebakaran. 

Setelah pemilik rumah atau bangunan menerima pesan SMS, maka akan lebih memudahkan pemilik rumah atau bangunan tersebut dalam mengambil tindakan untuk mencegah agar kebakaran tidak meluas baik dengan menelpon pemadam kebakaran ataupun memberitahukan kepada petugas keamanan bahwa telah terdeteksi kebakaran pada rumah atau bangunannya.Dengan kata lain tujuan dari konsep peringatan dini bahaya kebakaran adalah mencegah meluasnya api jika terjadi kebakaran. Sehingga dapat meminimalkan kerugian maupun kerusakan pada sebuah rumah ataupun bangunan. 

Salah satu cara agar sistem tersebut dapat memberitahukan akan bahaya kebakaran kepada pemilik bangunan ataupun kepada petugas yaitu dengan mengoptimalkan pemanfaatan SMS (Short Message Service) pada telepon genggam. Sehingga suatu sistem peringatan dini bahaya kebakaran untuk dapat mendeteksi, dan memberitahukan kebakaran pada suatu ruangan yang baik akan terdiri dari sensor untuk mendeteksi tanda-tanda kebakaran, mikrokontroller untuk mengolah informasi dari sensor, program aplikasi yang monitor, telepon genggam yang terhubung dengan sistem untuk memberitahukan kebakaran. 

Pada perancangan sistem peringatan dini bahaya kebakaran ini terdiri dari dua bagian, yaitu: rancang bangun perangkat keras untuk mendeteksi tanda-tanda kebakaran dan perancangan perangkat lunak aplikasi sebagai monitoring untuk pengambil keputusan untuk mengirim pesan bahaya kebakaran melalui SMS. Konsep jaringan multidrop adalah suatu konsep jaringan komunikasi data secara serial antara satu perangkat dengan perangkat lainnya melalui sebuah saluran komunikasi data. Dalam perancangan sistem peringatan dini bahaya kebakaran menggunakan konsep jaringan multidrop untuk komunikasi antara komputer server dengan mikrokontroller yang terpasang pada rumah atau bangunan ataupun pada lantai yang berbeda pada sebuah gedung, sehingga program aplikasi akan lebih spesifik mengetahui lokasi dari sensor-sensor yang mendeteksi tanda-tanda kebakaran. 

Visual Basic (atau sering disingkat VB) adalah perangkat lunak untuk menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan sistem operasi windows. Program aplikasi tersebut dapat berupa program database, program grafis dan lain sebagainya. Dalam bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 terdapat komponen-komponen yang sangat membantu dalam pembuatan program aplikasi. Selain itu dapat pula memanfaatkan program yang mendukung seperti Microsoft Access, Microsoft Exel, Seagate Crystal Report, dan lain sebagainya dalam membuat program aplikasi menggunakan Visual Basic 6.0. 

Untuk dapat menyusun dan membuat suatu program aplikasi menggunakan VB 6.0, tentunya harus mengetahui fungsi dari fasilitas–fasilitas yang tersedia dalam bahasa pemrograman VB 6.0 agar proses penyusunan dan pembuatan program aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik.
Visual Basic 6.0 mempunyai beberapa kelebihan, antara lain adalah kemampuan untuk mengkompilasi program dalam bentuk native code, yaitu optimasi pada saat prosesor mengkompilasi dalam menjalankan program tersebut. Keuntungan dari native code adalah kecepatan dalam mengakses program, yang mana hal tersebut hanya terdapat pada program aplikasi yang dikompilasi oleh bahasa pemrograman bahasa C++. Dengan kata lain bahasa pemrograman VB 6.0 dalam mengkompilasi program aplikasi sama dengan bahasa pemrograman C++. Short Message Service (SMS) memiliki dua mode yaitu text dan PDU, namun yang paling umum digunakan oleh operator GSM adalah mode PDU.
Oke,,, Saya akan Membagikan Kepada Anda Artikel Di Atas Sekalian juga Sebagai Bahan Refrensi Untuk Menyusun Tugas Akhir (Skripsi) Anda Bagi yang Lagi Cari2 Judul. Silahkan Anda Kembangkan Sesuai Dengan Bakat dan Kemampuan Anda. Jika Anda Tertarik Silahkan Anda Lewat Link dibawah.

Download Perancangan Perangkat Lunak Aplikasi Sistem Peringatan Dini Bahaya Kebakaran Melalui Short Message Servis (SMS) Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0


Copykan Kode Sebagai Unlock File : IMPmKhJR
Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat !

Jumat, 15 Juni 2012

Jadwal Euro Piala 2012 Format Exel

Silakan download jadwal Piala Eropa - Euro 2012 excel di sini. Jadwal ini dibuat dalam format file excel, dilengkapi dengan scoresheet dan perhitungan skor secara otomatis. Jadi anda juga bisa mudah membuat prediksi Piala Euro 2012. Penjelasan selengkapnya ada di bawah.

Download Jadwal Euro 2012 Excel
jadwal euro 2012
Sebelum download, pastikan anda sudah instal Microsoft Office Excel, supaya hasil download jadwal Piala Eropa dalam format Excel ini nanti bisa dibuka.

File ini berisi jadwal Euro 2012 lengkap, dari fase grup sampai babak final. Waktu dan jam juga sudah disesuaikan dengan waktu Indonesia (WIB). Tampilan jadwal sengaja diurutkan dengan warna tertentu supaya tidak membingungkan dan nyaman dipakai untuk memantau laga demi laga di Piala Eropa nanti.


Formula untuk tabel dan klasemen

Jadwal Euro 2012 excel ini juga dilengkapi formula untuk merumuskan klasemen grup dan negara mana yang akan lolos ke babak berikut. Simpelnya, anda tinggal memasukkan skor di tiap laga. Maka klasemen grup dan negara yang lolos akan muncul otomatis dengan sendirinya. 


euro 2012 schedule excel
Euro 2012 schedule excel
Dengan formula ini, anda bisa menggunakan jadwal Euro 2012 excel untuk melakukan prediksi hingga babak final. Tinggal tentukan hasil di tiap pertandingan, anda bisa tau posisi dan siapa akan ketemu siapa di babak selanjutnya. Tentu ini lebih mudah daripada membuat prediksi Euro 2012 dengan langsung menebak juara akhir-nya.

Prediksi Euro 2012

Sepaxbola.info juga punya prediksi. Boleh saja jika dahi anda akan berkerut tanda tak setuju. Prediksinya adalah: Inggris, Belanda, Portugal, dan Spanyol masuk empat besar dan Spanyol akan mengalahkan Portugal di final!

Euro 2012 memang belum selesai, dan barangkali prediksi seperti ini juga terlampau ngawur. Tapi anda pasti juga punya hitung-hitungan prediksi sendiri kan? silakan langsung saja download jadwal Piala Euro 2012 excel melalui link di bawah ini:





Semoga bermanfaat !!!!!

Sumber : Jadwal Piala Euro 2012 Format Excel - SEPAXBOLA 



Kamis, 14 Juni 2012

Cara Instalasi Windows XP

Windows XP adalah suatu sistem pengoperasian (operating system) yang paling banyak dipakai sampai saat ini karena selain kemudahan dalam pemakaiannya Windows XP digunakan sebagai standarisasi pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolahan dan perguruan tinggi pada umumnya. Untuk melakukan penginstalan windows xp diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam prosesnya karena memerlukan waktu yang lumayan lama. Ada beberapa jenis windows xp diantaranya windows xp professional, Home Edition, Media Center Edition, Tablet PC Edition, Starter Edition, Professional x64 Edition, Professional 64-bit Edition For Itanium.

Berikut langkah-langkah yang mudah dan lengkap cara menginstal windows xp :

1.
 Siapkan CD WINDOWS XP

2.
 Siapkan CD DRIVER MOTHERBOARD

3.
 Atur bios terlebih dahulu agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, caranya:

a.
 Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.

b.
 ubah pengaturanya, agar CDROM jadi urutan yang pertama kemungkinan pilihan ini ada 2 jenis

* menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll: Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-.
Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.
* Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘CDROM, C, A’ atau ‘CDROM, A,

C.
 dengan menekan tombol PgDn/Up.


Cara paling mudah instal windows xp(lengkap dengan gambar):

gak usah di utak-atik biosnya. biarin aja bios diload masukin CD WINDOWSnya, lalu Restart komputer, trus tekan-tekan F8 atau F10 atau F11 (boleh dicoba satu-satu) nanti bakal muncul opsi boot selection. pilih aja yg ada 'bau' cd-nya. trus enter. selesai deh...ga pake repot-repot...

4.
 Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "press any key to boot from CD" seperti tampilan Seperti gambar di bawah ini


5. Tekan ENTER atau sembarang tombol, lalu proses instalasi akan mengecek hardware komputer anda, kemudian akan muncul tulisan "windows setup" seperti gambar dibawah ini


6. lalu file-file di dalam cd akan di load ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan "welcome to setup" seperti gambar dibawah ini


7. Tekan "ENTER" untuk menginstal windows xp, "R" untuk repair system windows yang sebelumnya pernah terinstal, "F3" untuk keluar dari proses instalasi, lalu akan muncul (End User Licese Aggrement) seperti gambar di bawah ini


8. Tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda, kemudian akan muncul semua partisi hardisk anda, seperti gambar di bawah ini


9. Tekan "ENTER" untuk langsung menginstal windows, "C" untuk membuat partisi hardisk anda, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan anda, dalam satuan MB, selanjutnya jika anda membuat partisi dengan menekan tombol "C", maka akan muncul gambar seperti di bawah ini


10. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda buat, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh, misalkan kapasitas hardisk anda 40 GB, lalu anda ingin membagi dua, maka tuliskan 20000,jangan 20, karna partisi satuannya MB, tentunya anda mengerti kan...?? cat" 1GB = 1000 MB

11.
 Kenudian tekan "ENTER" maka akan muncul gambar seperti dibawah ini


12. kemudian pilih "format the partition using the NTFS file system (Quick)" atau "format the partition using the NTFS file system (Quick)" lalu tekan "ENTER" maka akan muncul layar sepert gambar di bawah ini


13. Kemudian arahkan pointer pada posisi "unpartitioned space", lalu tekan "C" maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah anda bagi, jika anda cuma membagi 2 partisi saja maka langsung tekan "ENTER" tapi jika anda ingin mempartisi lagi sisa hardisknya maka tinggal di bagi lagi aj, seperti langkah-langkah sebelumnya, mengertikan maksud saya....??
setelah selesai partisi ketika anda menekan "ENTER" seperti yang di jelaskan di atas, maka akan muncul gambar sperti gambar diatas, setelah itu arahkan poiter di posisiC: partition1 [New Raw], tapi biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka anda tinggal menekan "ENTER" saja untuk proses instalasi windows, kemudian akan muncul proses format seperti gambar di bawah ini


14. Setelah selesai format, kemudian windows akan ,menyalin file untuk proses instalasi, seperti gambar di bawah ini


15. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart seperti gambar di bawah ini, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, anda bisa langsung menekan "ENTER"


16. Setelah itu akan muncul loading windows seperti gambar di bawah ini


17. selanjutnya proses instalasi windows di mulai 1..2..3...GOoooo muncul layar seperti gambar di bawah ini


18. selanjutnya tinggal menunggu, sambil ngopi jg bisa, biar lebih terinspirasi, eitssss, tp jangan kemana mana dulu, karna selanjutnya akan muncul layar seperti gambar di bawah ini


19. Langsung klik "NEXT" aja BOS...!!! lalu mucul lagi bos layar seperti gambar di bawah ini


20. Isi nama dan organisasinya, terserah BOS aja... lalu tekan "NEXT" kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini


21. Masukan serial nombernya, jangan sampe salah ya....!!! kemudian tekan "Next"selanjutnya akan muncul layar administrator, isi aja mau dinamain apa komputernya, terserah deeeehhhhh......
kalau mau pake pasword tinggal di isi juga paswordnya, terserah juga mo apa paswordnya.... lalu tekan "Next" maka muncul layar Date and Time Setting seperti gambar di bawah ini



22. Masukan settingan jam dan tanggal, tentukan juga time zone anda, untuk jakarta : pilih GMT+7 Klik "Next" lagi BOS.... setelah proses instalasi windows delanjutkan, seperti gambar di bawah ini


23. Silahkan Menunggu lumayan lama BOS,.... sampai muncul layar seperti gambar di bawah ini


24. Selanjutnya akan muncul layar work group or computer Domain,seperti gambar di bawah ini


25. jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer anda stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan "Next"

26. Selanjutnya akan muncul display setting, seperti gambar di bawah ini, klik "OK" aja BOS....!!!


27. Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, Klik "OK" aj BOS...!!!


28. Proses instalasi hampir selesai BOS..... selanjutnya akan muncul loading jendela windows seperti gambar di bawah ini


29. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tekan "Next" aj BOS..


30. Selanjutnya akan muncul layar "Help Protect Your PC", seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih "Not Right Now" lalu tekan "Next"


31. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seprti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih "Yes" lalu tekan "Next"


32. Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, seperti gambar di bawah ini, lalu tekan "Next"


33. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda, Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik "Next"

34. Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik "finish", maka proses instalasi selesai.....


35. Selesailah sudah semua.... kemudian perlahan masuk ke windowsnya seperti telihat pada gambar di bawah ini


36. Kemudian tinggal menginstal CD Driver Motherboad, dan perangkat pendukung lainnya....

Demikianlah langkah-langkah dan cara install windows xp lengkap berikut gambarnya..

Senin, 04 Juni 2012

Pembuatan sistem analisis data transaksi service motor dan penjualan suku cadang kendaraan pada Bengkel Yamaha Gunawan Motor

Data base merupakan salah satu teknologi penyimpanan data yang berkembang saat ini. Data base dapat menyimpan dan mengelola data dalam jumlah yang besar. Data yang telah disimpan dan dimanipulasi dapat disajikan kembali sebagai informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Karena adanya aktifitas bisnis dalam suatu perusahaan, mengakibatkan data dalam data base semakin bertambah. Data tersebut akan menjadi tidak berguna jika tidak ada pengelolaan yang baik. Disisi lain kebutuhan perusahaan akan analisa terhadap segala aktifitas bisnisnya adalah kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Analisa ini dimungkinkan jika data yang diperlukan dapat tersedia dengan mudah, cepat dan dalam representasi yang diinginkan. 

Bengkel Yamaha Gunawan Motor Semboro di Jember, sudah melakukan pencatatan dengan komputerisasi pada setiap layanan yang dilakukan, dengan tujuan efisiensi kerja. Transaksi service yang dilakukan pada Bengkel tersebut disimpan dalam sebuah system database kemudian secara berkala data tersebut akan dibuat laporan yang nantinya akan dianalisis oleh para Manager. Karena data yang ditampilkan pada laporan ini adalah dalam bentuk Excel, sering kali para manajer harus meluangkan lebih banyak waktu untuk menganalisa laporan-laporan tersebut. Selain itu, hasil analisa juga menjadi kurang maksimal karena data yang ditampilkan begitu banyak. Teknologi On-Line Analytical Processing (OLAP) adalah satu solusi untuk menyelesaikan masalah analisa data yang kurang maksimal. Teknologi OLAP dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan karena OLAP dapat menganalisis sejumlah data yang besar serta laporan yang dihasilkan dapat berupa grafik. 

Salah satu model penyimpanan data dalam OLAP yang digunakan untuk mengatasi masalah di atas adalah ROLAP (Relational On-line Analitycal Processing). ROLAP menggunakan relational data base untuk menyimpan detail data dan agregasi kubus. Query multidimensi pada ROLAP diterjemahkan dalam SQL yang sudah dioptimalisasiserta menambahkan kemampuan caching untuk mempercepat query berikutnya. Selain itu karena multidimensi ROLAP diterjemahkan dalam SQL, ROLAP dapat menampilkan detail data yang lebih rinci. (Bouman & Doungen, 2009). Untuk dapat menganalisis data dengan baik, diperlukan sebuah data warehouse. Data warehouse menyediakan arsitektur dan alat bagi para eksekutif bisnis untuk mengatur secara sistematis, mengerti, dan membuat keputusan setrategis (Han & Kamber, 2006). 

Data dari data warehouse nantinya akan dianalisis dengan ROLAP. Hasil dari analisis tersebuat akan ditampilkan dalam bentuk chart, grafik, dan lain-lain sehingga dapat membantu para eksekutif bisnis untuk mengambil sebuah keputusan. Penelitian tentang OLAP ini telah dilakukan pada penelitian sebelumnya (Hayardisi, 2008) menggunakan PALO. PALO merupakan salah satu OLAP server menggunakan metode penyimpanan multidimensi (MOLAP) sehingga data yang ditampilkan tidak terlalu rinci atau kurang dinamis. Sesuai dengan penjelasan di atas, ROLAP dapat menampilkan data yang lebih rinci sehingga dapat menganalisis data lebih tepat. Pada penelitian ini juga akan ditambahkan metode analisis data yang dapat meramal total pendapatan bulan selanjutnya dari histori data sebelumnya. Metode peramalan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode single eksponensial smoothing karena metode sangat cocok untuk peramalan 1 periode kedepan dan data yang dibutuhkan sedikit (Makridakis dkk, 1988).

Download Pembuatan sistem analisis data transaksi service motor dan penjualan suku cadang kendaraan pada Bengkel Yamaha Gunawan Motor

Password Unlock : ZsQBxsBp