Lowongan Kerja Skripsi Gratis Jurnal Online STMIK AKBA STMIK AKBA YouTube LinkedIn Facebook Twitter Google+ RSS Desain Login

Selasa, 15 Mei 2012

Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Sertifikasi Guru Dengan Metode GAP / Profile Matching

Perkembangan teknologi perangkat lunak pada masa sekarang ini sangatlah pesat, ini dapat dilihat dari kemunculan berbagai aplikasi-aplikasi dengan yang dapat memudahkan user dengan menggunakan berbagai macam teknik pembuatan perangkat lunak. Dari sinilah perluasan pemanfaatan komputer yang semula hanya dimanfaatkan segelintir orang sekarang menjadi universal dan umum.
Sertifikasi guru merupakan fenomena yang sedang marak di tengah-tengah masyarakat, terutama masyarakat pendidikan. Proses sertifikasi guru yang besar-besaran ini merupakan kejadian yang pertama kali dalam perjalanan sejarah pendidikan di Indonesia. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru. Pada dasarnya penyelenggaraan sertifikasi guru secara legal didasarkan atas UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional. Untuk itu guru dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik minimal S-1 atau diploma IV yang relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran. Berdasar Peraturan Pemerintah tersebut, proses sertifikasi bagi para guru dalam jabatan dilakukan dengan penilaian terhadap portofolio.
Portofolio adalah bukti fisik (dokumen) yang menggambarkan pengalaman berkarya/prestasi yang dicapai dalam menjalankan tugas profesi sebagai guru dalam interval waktu tertentu. Dokumen ini terkait dengan unsur pengalaman, karya, dan prestasi selama guru yang bersangkutan menjalankan peran sebagai agen pembelajaran (kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial). Fungsi portofolio dalam sertifikasi guru (khususnya guru dalam jabatan) adalah untuk menilai kompetensi guru dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai agen pembelajaran. Kompetensi pedagogik dinilai antara lain melalui dokumen kualifikasi akademik, pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dinilai antara lain melalui dokumen penilaian dari atasan dan pengawas. Kompetensi profesional dinilai antara lain melalui dokumen kualifikasi akademik, pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan prestasi akademik.
Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan terhadap dokumen-dokumen yang dimiliki guru sebagai bentuk pengakuan profesionalisme, prestasi, pengabdian, dan kemampuan-kemampuannya sebagai guru dan pendidik. Penilaian portofolio dilakukan dengan memberikan skor berdasarkan standar kompetensi terhadap bukti-bukti fisik yang dimiliki guru. Penilaian sertifikasi guru dilakukan oleh kepala sekolah, dinas kabupaten/kota atau provinsi, serta assesor.
Mengingat pentingnya kemudahan dalam melakukan penilaian terhadap portfolio peserta sertifikasi ini maka penulis berpendapat untuk membuat sebuah sistem yang dapat mendukung keputusan (Decission Support System) penilaian terhadap dokumen inputan portofolio yang nantinya akan dijadikan acuan kelulusan dari pesera sertifikasi guru ini
Download Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Sertifikasi Guru Dengan Metode GAP /  Profile Matching

Password Unlock : aFYMeJTr

7 komentar:

Dunia Ilmu dan Hiburanku mengatakan...

gak ada aplikasinya ya kak??

Dunia Ilmu dan Hiburanku mengatakan...

sob ,,,,
ada gak contoh aplikasinya??
atau aplikasi vb6 tentang profile matching lainnya???

thanks

Dunia Ilmu dan Hiburanku mengatakan...

ada contoh aplikasinya gak gan??
yang dengan vb6 metode profile matching ,,,,
thanks

Junianto Tulak mengatakan...

Aplikasinya ada hanya berbayar gan !

muhammad robiy mengatakan...

berapa gan?? harga mahasiswa kah ?? hehehehe

CHIEWIEL_05 mengatakan...

gan punya aplikasi penilaian kinerja guru menggunakan algoritma id3

ferdiansyah ulpan mengatakan...

aplikasinya ada gan....!!!!