Lowongan Kerja Skripsi Gratis Jurnal Online STMIK AKBA STMIK AKBA YouTube LinkedIn Facebook Twitter Google+ RSS Desain Login

Minggu, 16 Maret 2014

PERANGKAT LUNAK PENYELESAIAN PROBLEMA BLOKS WORD ARCHITECTURE

Problema Blocks World Architecture merupakan salah satu persoalan klasik dalam bidang studi Artificial Intelligence (AI). Problema ini dapat diilustrasikan seperti berikut, terdapat 2 atau lebih kotak yang disusun menjadi 2 atau 3 tumpukan balok sebagai kondisi awal (initial state). Sasaran (goal) dari problema ini adalah mendapatkan suatu tumpukan kotak sesuai dengan keinginan. Operasi yang diperbolehkan dalam proses penyelesaiannya yaitu turunkan(x), yang berarti bahwa kotak x diturunkan dari suatu tumpukan tertentu dan letakkan (x, y), yang berarti bahwa kotak x diletakkan kotak y, dengan persyaratan bahwa kotak y harus berada di urutan paling atas dari suatu tumpukan.

Banyak metoda AI yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan problema tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan. Kondisi-kondisi (state-state) yang mungkin digambarkan dalam suatu pohon pencarian dimulai dari mendeklarasikan kondisi awal (start state) sebagai akar dari pohon biner. Proses dilanjutkan dengan menggambarkan kondisi (state) berikutnya dari state tersebut hingga didapatkan kondisi yang diinginkan (goal state).  

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk melakukan simulasi terhadap problema Blocks World Architecture. Oleh karena itu, penulis mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Simulasi Penyelesaian Problema Blocks World Architecture”.

Untuk Skripsi Lengkap Silahkan Download Disini: 

 

Tidak ada komentar: