Lowongan Kerja Skripsi Gratis Jurnal Online STMIK AKBA STMIK AKBA YouTube LinkedIn Facebook Twitter Google+ RSS Desain Login

Jumat, 14 Maret 2014

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK PENGHITUNGAN BESAR KUAT ARUS, HAMBATAN DAN TEGANGAN ELEMEN DALAM RANGKAIAN LISTRIK TERTUTUP

Rangkaian listrik adalah suatu bentuk rangkaian yang disusun oleh beberapa komponen (elemen) listrik yang terhubung satu sama lain. Secara umum, rangkaian listrik terbagi atas 2 macam, yaitu rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup. Rangkaian listrik terbuka merupakan suatu bentuk rangkaian listrik dimana arus tidak dapat mengalir dalam rangkaian karena ada bagian dalam rangkaian yang tidak terhubung atau dihubungkan dengan komponen pemutus arus seperti saklar. Sedangkan rangkaian listrik tertutup merupakan rangkaian listrik yang terdapat aliran arus di dalamnya. Besar kuat arus dan tegangan dari masing – masing elemen dalam rangkaian listrik tertutup dapat dihitung dengan cara mencari total hambatan (hambatan pengganti) dari elemen – elemen dalam rangkaian. Setelah didapat besar hambatan total rangkaian, kita dapat mencari kuat arus di masing-masing elemen. Setelah mendapatkan kuat arus di masing-masing elemen, kita dapat menghitung besar tegangan dengan mengalihkan kuat arus dan besar hambatan.

Penulis memilih topik perangkat lunak perhitungan ini karena penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang mampu melakukan perhitungan kuat arus, hambatan dan tegangan dalam suatu rangkaian listrik tertutup secara otomatis. Perangkat lunak juga akan melakukan penggambaran struktur rangkaian listrik dan perhitungan besar hambatan total dan kuat arus total serta tegangan dan kuat arus pada masing – masing elemen resistor yang terdapat di dalam rangkaian, sehingga tidak diperlukan penghitungan secara manual yang memakan waktu. Perangkat lunak ini juga membantu pembelajaran penghitungan kuat arus, hambatan dan tegangan elemen dalam suatu rangkaian listrik tertutup, karena perangkat lunak mampu menunjukkan cara perhitungan hambatan pengganti, kuat arus dan tegangan secara tahap demi tahap.

Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk menghitung besar kuat arus elemen, hambatan pengganti dan tegangan elemen dalam rangkaian listrik tertutup.


Download File Lengkapnya ( Click Disini )
Download Source codenya ( Click Disini )

Semoga Dapat bermanfaat buat pengunjung setia Sharing Ilmu Komputer, Skripsi ini hanya sebagai refrensi dan bukan untuk dijadikan plagiat .

Tidak ada komentar: