Lowongan Kerja Skripsi Gratis Jurnal Online STMIK AKBA STMIK AKBA YouTube LinkedIn Facebook Twitter Google+ RSS Desain Login

Senin, 17 Maret 2014

PERANGKAT LUNAK SIMULASI PRODUCER - CONSUMER PROBLEM

Dalam sistem operasi, banyak proses bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Agar mencapai tujuan secara benar, proses-proses harus mensinkronkan kegiatan-kegiatannya untuk menghindari kondisi deadlock (malapetaka). Proses-proses yang berinteraksi memerlukan sinkronisasi agar terkendali dengan baik. Kasus producer-consumer digunakan sebagai ilustrasi pembahasan sinkronisasi. Kasus producer-consumer berisi masalah mutual-exclusion dan sinkronisasi. Kasus ini sering juga disebut sebagai bounded-buffer problem (masalah buffer dengan jumlah terbatas).

Kasus ini dapat diilustrasikan sebagai berikut, produsen menghasilkan barang dan konsumen yang akan menggunakannya. Keduanya mempunyai market (ilustrasi dari buffer) bersama dan berukuran tetap. Karena ukuran market terbatas, petaka (bencana) dapat terjadi untuk producer dan consumer. Petaka bagi producer terjadi ketika market telah penuh, sementara producer ingin meletakkan barang (ilustrasi dari informasi) ke market yang telah penuh itu. Sedangkan petaka bagi consumer terjadi ketika consumer ingin mengambil barang sementara market telah / sedang kosong.

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk mensimulasikan proses kerja dari kasus producer-consumer. Oleh karena itu, penulis mengambil tugas akhir yang berjudul “Perangkat Lunak Simulasi Producer-Consumer Problem”.


Terima Kasih Atas Kunjungannya semoga apa yang ada di blog ini dapat bermanfaat dan menjadi refrensi yang baik untuk Anda

Tidak ada komentar: