Lowongan Kerja Skripsi Gratis Jurnal Online STMIK AKBA STMIK AKBA YouTube LinkedIn Facebook Twitter Google+ RSS Desain Login

Rabu, 11 April 2012

SMS Gateway untuk informasi jadwal penerbangan

SMS atau Short Messaging Sevices merupakan salah satu fasilitas telepon selular (ponsel) yang paling banyak digunakan saat ini karena biayanya murah, prosesnya cepat, dan juga dapat langsung diterima oleh tujuan. Dalam Tugas Akhir ini SMS Gateway akan diimplementasikan kedalam informasi jadwal penerbangan, baik jadwal kedatangan maupun jadwal keberangkatan.

Aplikasi SMS Gateway dalam Tugas Akhir ini dibangun menggunakan Visual Basic 6, dengan menggunakan komponen MobileFBUS 1.5. sebagai komponen penghubung antara ponsel dengan komputer. Untuk proses update data pada data base menggunakan sistem berbasis web yang dibangun menggunakan teknologi ASP. Untuk data base-nya sendiri menggunakan Ms.Access XP.

Sistem ini ada mempunyai 2 proses, yaitu: proses menerima SMS dan mengirim SMS, dan proses update data. Proses mengirim dan menerima SMS adalah proses dimana user dalam hal ini pengirim SMS mengirimkan SMS yang berisi informasi yang diinginkan sesuai dengan formatnya, kemudian aplikasi SMS Gateway akan mengirimkan balasan sesuai dengan informasi yang diinginkan. Sedangkan untuk proses update data dilakukan oleh Admin yang bertugas dan bertanggung jawab atas semua keakuratan data yang ada. Aplikasi SMS Gateway ini sudah dapat digunakan untuk mengirim dan menerima SMS secara manual, dan diharapkan aplikasi ini dapat berjalan secara otomatis atau bersifat autorespon.


SMS Gateway untuk informasi jadwal penerbangan

Tidak ada komentar: