Lowongan Kerja Skripsi Gratis Jurnal Online STMIK AKBA STMIK AKBA YouTube LinkedIn Facebook Twitter Google+ RSS Desain Login

Selasa, 18 Maret 2014

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK DALAM MEMBANTU PEMAHAMAN DAN MENUNJUKKAN TAHAPAN – TAHAPAN MINIMISASI FUNGSI BOOLEAN DENGAN METODE QUINE-MCCLUSKEY

Fungsi Boolean seringkali mengandung operasi – operasi yang tidak perlu, literal atau suku – suku yang berlebihan. Oleh karena itu, kita dapat menyederhanakan fungsi Boolean lebih lanjut. Menyederhanakan fungsi Boolean artinya mencari bentuk fungsi lain yang ekivalen tetapi dengan jumlah literal atau operasi yang lebih sedikit. Penyederhanaan fungsi Boolean disebut juga minimisasi fungsi. Dipandang dari segi aplikasi aljabar Boolean, fungsi Boolean yang lebih sederhana berarti rangkaian logikanya juga lebih sederhana (menggunakan jumlah gerbang logika lebih sedikit).


Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyederhakan fungsi Boolean adalah metode Quine-McCluskey (metode tabulasi). Metode peta Karnaugh hanya cocok digunakan jika fungsi Boolean mempunyai jumlah peubah paling banyak 6 buah. Jika jumlah peubah yang terlibat pada suatu fungsi Boolean lebih dari 6 buah maka penggunaan peta Karnaugh menjadi semakin rumit, sebab ukuran peta semakin besar. Selain itu, metode peta Karnaugh lebih sulit diprogram dengan komputer karena diperlukan pengamatan visual untuk mengidentifikasi minterm – minterm yang akan dikelompokkan. Untuk itu diperlukan metode penyederhanaan yang lain yang dapat diprogram dan dapat digunakan untuk fungsi Boolean dengan sembarang jumlah peubah. Metode alternatif tersebut adalah metode Quine-McCluskey yang dikembangkan oleh W.V. Quine dan E.J. McCluskey pada tahun 1950.

Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud merancang suatu perangkat lunak bantu pemahaman yang mampu menunjukkan tahapan – tahapan minimisasi fungsi Boolean dengan metode Quine-McCluskey.
Jika anda tertarik menjadikan skripsi ini menjadi refrensi, Silahkan Download skripsi lengkap dan Source Codenya pada link berikut :
Downlod Teori Lengkapnya
Download Source Codenya

Terima Kasih Banyak Atas Kunjungan anda, Semoga semua yang kami sajikan dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar: